S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 25 Desember 2012

Sejarah Perkembangan Blog
          Sebagai seorang Blogger kita akan lebih perfect bila mana mengetahui sejarah dari blog itu sendiri. Kita lebih bisa mengerti mengenai susah payahnya orang yang menciptakan blog pada mulanya, yang bila dibandingkan dengan sekarang sangat jauh berbeda. Kenapa?... alasannya bisa sobat baca sendiri penjelasan di bawah ini:
          Web log/ Blog merupakan sebuah halaman web yang terdiri dari beberapa informasi singkat, yang biasanya disebut sebagai post. Informasi-informasi tersebut biasanya disusun berurutan, sesuai dengan kronologi (posting terbaru ditempatkan pada urutan teratas/ terdepan).
          Pada mulanya, di era sebelum Blogging menjadi bahan perbincangan hangat, komunitas digital menggunakan beberapa layanan terdahulu, seperti: Genie, BiX, Usenet, Daftar E-mail, dan Buletin Board System. Pada awal tahun 1990-an , perkembangan teknologi telah menghasilkan layanan yang lebih baik.
          Pertama kali istilah blog digunakan Jorn Barger sekitar bulan Desember 1997. Ia menggunakannya untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diisi secara berkala dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai komentar pemiliknya. Melalui perkembangan, kini blog dapat berupa sekumpulan konten (teks, foto, video) yang diposting pengelolanya.
          Hingga tahun 1998, jumlah pemilik blog masih sangat terbatas pada kalangan tertentu, yang menguasai teknik pembuatan Website, HTML, dan Web Hosting untuk membuat blog. Dengan demikian, aktivis blogger saat itu didominasi oleh kalangan yang memiliki keterampilan khusus dalam bidang desain web, internet, dan sistem administrator. Namun, saat ini kita tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjadi seorang Blogger. Web log saat ini sudah sangat mewabah karena semakin mudah dalam membuatnya. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah blog yang terus update setiap hari.
         Pada tahun 1999, istilah “Blog” mulai beranjak menjadi populer seiring dengan meningkatnya popularitas web. Peluncuran peranti open diary dan beberapa peranti lain yang ditambahkan pada blog pada tahun 1998 telah membawa pengaruh signifikan terhadap berkembangnya open diary dengan cepat, hingga mencapai ribuan online diary yang beredar. Dengan hadirnya inovasi tersebut, maka untuk pertama kalinya, seorang pembaca blog dapat memberikan komentar bagi penulis blog.
          Layanan media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
          Demikian sedikit informasi mengenai sejarah blog. Walaupun tidak detail, semoga info ini bermanfaat bagi sobat yang membacanya. Arigatou Gozaimasu...

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top