S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 29 Desember 2012

Tips Dasar Web Design
          Salam semua, khususnya kalian para sobat Blogger. Kali ini saya share tips yang sangat penting dalam pembuatan dan pengolahan blog, yaitu Tips Dasar Web Design. Kenapa saya menganggapnya penting?... Karena kebanyakan blogger menginginkan tampilan blog yang keren dan unik, akan tetapi mengesampingkan berat blog. “Ibarat orang, ia terlalu banyak makan. Tahu sendiri-kan akibat kebanyakan makan!...”. Untuk mengatasi semua itu, saya punya beberapa tips dalam pembuatan dan pengolahan blog sobat, langsung saja dibaca:



1. Fokus pada kebutuhan
          Pada saat membuat halaman web, yang pertama kali harus dipikirkan adalah “Untuk apa saya membuat halaman web ini?...”. Apakah untuk memperkenalkan diri pribadi, memperkenalkan perusahaan pribadi, menawarkan produk-produk yang akan dijual, menawari software-software yang dapat di download, berbagi pengalaman, ataukah yang lain. Putuskan dari awal, halaman web yang akan sobat buat untuk keperluan apa.
2. Efisien dalam menggunakan sumber daya          Sering kali dalam mendesain halaman web, seseorang menjadi sangat tergoda untuk memasukkan semuanya. Ya! Semuanya! Saya sendiri dulu juga seperti itu. Sebuah halaman web yang baik, selalu efisien dalam menggunakan sumber daya dan menampilkan yang perlu-perlu saja. Sebagus-bagusnya sebuah Situs, tidak akan dilihat oleh orang lain, bila Situs tersebut terlampau terlalu besar dan karena terlalu besarnya, menjadi sangat lama untuk menunggu penampilannya. Pengunjung akan bosan menanti dan beralih ke situs lain. Jadi perhatikan penggunaan sumber daya pada blog sobat.
3. Pemanfaatan link
          Di belantara samudra Internet, seorang peselancar web (Web surfer) mudah sekali tersesat. Oleh karena itu sediakanlah jalan yang mudah bagi pengunjung web sobat untuk dapat menelusuri satu demi satu semua halaman web yang ingin sobat sajikan, melalui link-link yang dapat diakses dengan mudah pula “bukan berarti linknya menuju ke blog sobat semua, hehehe…”. Jangan sampai, pengunjung tidak jadi mengakses sebuah halaman padahal ia sangat ingin untuk itu, hanya karena ia tidak dapat menemukan halaman itu!!... Saya sendiri sering seperti itu. Saat mengunjungi blog orang lain, sering mendapati link yang rusak/ mengarah ke topik lain yang tidak berhubungan sama sekali.
4. Buat halaman web senyaman dan seramah mungkin
          Keindahan artistik dan tata warna merupakan bagian dari desain ini, yang mencerminkan pula cita rasa seni dari pemilik web. Pada halaman web, teks merupakan bagian dari ucapan-ucapan desainer web. Kita ibaratkan halaman web kita adalah sebuah rumah. “Bila kita berkunjung ke rumah orang lain, maka yang kita harapkan adalah kenyamanan dan keramahan. Seorang tuan rumah yang baik, akan merancang teras rumah dan ruang rumahnya, “terutama ruang tamu” senyaman dan seramah mungkin, agar pengunjung atau tamu merasa nyaman dengan keramahan dari pemilik rumah.” Sama halnya dengan rumah, bila halaman web kita nyaman dan terlihat ramah maka pengunjung-pun akan senang untuk kembali berkunjung. Buatlah Home page menjadi halaman selamat datang seramah mungkin, agar pengunjung situs sobat tersebut tertarik untuk melihat-lihat lebih jauh. Jangan malah mengusirnya dengan tampilan yang acak-acakan.
5. Mendukung interaksi, bila diperlukan
          Seringkali dibutuhkan suatu interaksi dari pengguna untuk keperluan tertentu. Contoh yang sederhana adalah chatbox dan buku tamu (guest book). Dengan buku tamu, seorang pengunjung dapat menuliskan kesan-pesan saat berkunjung ke web sobat. Lalu dari catatan para pengunjung, sobat dapat melakukan perbaikan-perbaikan. Contoh yang lain yang sedikit lebih kompleks adalah web jual-beli barang, atau yang populer dengan sebutan belanja online lewat web (online shopping e-commerce). Seorang pengunjung dapat memesan barang lewat web. Bagaimana sebuah interaksi via web dapat dilakukan?... Untuk itulah, diperlukan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk mendesain sebuah web yang dinamis, yang mampu melakukan interaksi dengan pengguna. Web tersebut pastilah menggunakan bahasa pemrograman script tertentu, misalnya ASP, JSP, atau PHP.
          Perlu di ingat bahwa tips di atas hanya sekedar tambahan saja agar pengunjung tertarik dengan blog kita karena penampilan yang menarik dan enak dilihat. Tapi bukan berarti melupakan hal terpenting membuat sebuah blog, yaitu artikel blog tersebut. Karena bagaimana-pun tujuan pengunjung blog adalah membaca artikel dari blog sobat. Jadi percumah punya blog yang tampilannya menarik tapi isinya jelek.
          Nah, itulah tadi beberapa tips penting agar blog sobat dapat menjadi blog yang bermanfaat bagi orang lain. Ok, sekian dulu postingan saya. Kita lanjut lagi ke postingan berikutnya. Arigatou Gozaimasu...

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top