S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 25 Desember 2012

Perbedaan Website dan Weblog
          Bayak diantara Newbie yang tidak tahu apa itu website?... Apa itu weblog?... Apakah ini situs atau bukan?... Apa perbedaan antara website dengan weblog?... Bagaimana ciri-cirinya?... Mungkin kebanyakan bertanya seperti itu, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskannya, yaaa… Walaupun tidak selengkap di blog lain. Tapi cukup membantu para Newbie agar tidak terlalu kebingungan, hehehe. Langsung saja:
          Pada intinya Blog merupakan bagian dari Website tapi belum tentu Website merupakan Blog. Dengan perkembangan dan inovasi dari para Blogger (pengelola blog) terkadang sulit juga membedakan antara Website dengan Blog. Untuk lebih jelasnya saya gambarkan sebagai berikut:
  1. Pengelola: Website biasanya yang punya perusahaan atau milik badan bersama, sedangkan Blog milik personal/ perorangan.
  2. Letak isi: Website berupa halaman, sedangkan Blog isi yang baru akan menimpa atau menggantikan yang lama.
  3. Halaman: Website terdiri dari page dengan link untuk mengakses, sedangkan Blog berupa CSS (Cascading style Sheet) yaitu sistem halaman bergulir.
  4. Alamat/ URL: Website Domain dan Hosting berbayar, sedangkan Blog sifatnya gratis. 
  5. Template: Website variatif sesuai dengan keahlian si pembuat website, sedangkan Blog menggunakan template yang sudah disediakan.
  6. Tujuan: Website Komersial, sarana promosi, sedangkan Blog Tempat menyalurkan ide, kreasi, aspirasi.
          Seperti yang sudah saya beritahukan tadi, perbedaan yang saya utarakan diatas sebenarnya tidak mutlak dan baku tapi bersifat keumuman saja, seperti yang saya sampaikan pada paragraf kedua dalam artikel ini yaitu “Dengan perkembangan dan inovasi khusunya dalam dunia Blogger, sebuah blog hampir mirip dengan sebuah website”. Mudah-mudahan sobat tidak terlalu bingung lagi dalam membedakan antara website dengan weblog. Semoga dengan informasi ini bagi sobat yang masih pemula bisa tambah pengetahuan.
          Bila ada tambahan seputar Perbedaan Website dan Weblog silahkan berkomentar di kolom komentar... Arigatou Gozaimasu...

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top