S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Setyawan Umar 6 Januari 2013

Cara Menjadi Seorang Designer Professional          Salam semua. Apakah sobat semua ingin menjadi seorang Designer Professional?... Kebanyakan pasti menjawab iya… Mungkin juga diantara sobat ada yang berfikir “Apa bisa?... Kan aku tidak punya bakat apa-apa di bidang Design!...” saya berani menjawab “Pasti bisa…” Alasannya karena saya sendiri pada awalnya tidak tahu apa-apa mengenai Design, bahkan saya mengenal Photoshop dan Corel baru tahun kemarin. Walaupun saya sendiri masih belum pantas mengatakan ini, karena saya sendiri masih belajar, tapi saya yakin pasti semua orang termasuk saya bisa menjadi Designer Professional.
          Mendesign seperti manusia, awalnya kita tidak bisa berjalan, lalu belajar berjalan, dan kemudian bisa berjalan dan berlari. Sama halnya dengan Design, kita mulai dari tidak tahu apa itu design, lalu mulai melihat dan mempelajari, sampai kita bisa membuat Design kita sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara-cara menjadi seorang Designer Professional versi Setyawan Evolution:

1. Suka
          Pada awalnya saya melihat sebuah karya design “Kok bagus ya…”. Nah mulai dari situ saya tertarik dengan yang namanya Design. Dari situ kita bisa ambil kesimpulan “Hal yang dilakukan pertama untuk menjadi seorang designer adalah suka terhadap design itu sendiri”.
2. Ingin tahu, lalu mempelajari
          Nah, setelah saya suka terhadap Design, saya mulai mencari tahu bagaimana caranya membuat yang seperti itu dan mempelajarinya dari teman-teman, ditambah dari tutorial yang saya dapat di internet. Bahkan sampai sekarang saya masih sering mencari informasi dan tutorial mengenai Design. Kesimpulannya “Cari tahu segala informasi mengenai design dan pelajari terus, lama kelamaan pasti akan tahu dan bisa”.
3. Mulai dari yang mudah
          Tapi saya tidak langsung mempelajari yang susah-susah. Pada awalnya saya hanya mempelajari dasar-dasar dan tata cara memakai Photoshop itupun juga cukup lama. Seperti halnya Game pasti kita mulai dari level 1 lalu lama kelamaan seiring waktu dan misi yang kita selesaikan kita akan bertambah level dan pengetahuan mengenai game tersebut. Kesimpulannya “Cari hal yang mudah dulu untuk dipelajari agar mengerti dan mudah di coba secara langsung, setelah yakin bisa lanjut ke hal yang lebih susah dan begitu seterusnya sampai menjadi professional”.
4. Mencari inspirasi atau berkhayal
          Nah, di bagian inilah kita membutuhkan imaginasi. Orang yang tidak ber-imaginasi akan susah menjadi Designer Professional. Eits, ingat susah, bukan tidak bisa. Sering-seringlah berkhayal, asalkan berkhayal yang positif, kan tidak ada salahnya. Tapi jangan melamun, hehehe…
5. Berkreasi
          Setelah semua itu dilakukan cobalah membuat sebuah karya dengan ciri khas sobat sendiri agar lebih original dan coba terapkan prinsip saya ini “Akan lebih baik dari hari ke hari”, pasti bukan!... karena manusia pasti berevolusi seiring dengan pengalaman mereka.

          Dengan itu semua tinggal sobat sendiri yang mengembangkannya untuk menjadi seorang Designer Professional. Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, yang ada adalah menjadi sempurna.
          Itulah beberapa cara menurut saya pribadi. Nah untuk pengembangannya saya serahkan kepada sobat masing-masing. Arigatou Gozaimasu...

13 komentar

mksh sarannya, aku ini cita2 nya pengen jd designer... apakah designer itu pekerjaan yang menjamin ya? mohon dijawab dong..

maaf lama....
apapun pekerjaannya jika dilakukan dengan sungguh2 psti berbuah hasil.
lagian sekarang kan banyak designer sukses.

Vist http://cevinfirman007.blogspot.com/

Terimakasih atas sarannya. Saya jg lg mencoba mnjadi seorng designer yang handal

Semangat ya... Ternyata banyak juga yang pengen jadi designer...

Semangatt !
Salam Desainer !!

sarannya bgus bgt, bisa buat sya termotifasi... dri sejak SMP sampai skrng sya pengen bgt jd designer, tpi sayang terhambat biaya.. gmana cranya y biar sya bsa?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

apakah seseorang yang tidak memiliki kemampuan menggambar yang baik bisa berpeluang menjadi seorang designer?

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top