S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Setyawan Umar 2 Januari 2013

Evolusi Adobe Photoshop
          Salam semua bagi para pengunjung Setyawan Evolution. Apakah diantara sobat ini ada yang berfikir mengenai Sejarah perkembangan Photoshop?... Pasti ada. Saya yakin, kebanyakan diantara sobat banyak menggunakan Adobe Photoshop sebagai software andalan mengedit dan mendesain, atau mungkin menggunakan Corel Draw, hehehe. Tapi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini hanyalah Photoshop, jadi yang ingin tahu Evolusi Corel Draw bisa menunggu dulu.
          Photoshop merupakan aplikasi pengolahan citra berbasis Bitmap yang selama ini paling banyak digunakan karena kemudahan dalam pengoprasianya, bahkan tidak terlepas seorang pemula sekalipun. Nah..., sebelum kita memulai untuk mempelajari lebih luas lagi aplikasi grafis terbesar di dunia ini. Ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui awal mula atau sejarah lahirnya Adobe Photoshop dan pertumbuhanya seiring perkembangan zaman.
          Sebelumnya Photoshop hanyalah sebuah aplikasi editing gambar sederhana yang biasa dipakai untuk usaha percetakan. Tapi ia memperoleh predikat sebagai aplikasi untuk membuat dan mendesain halaman web. Inilah alasan lain mengapa ia bisa menjadi sangat dikenal. Kelahiran aplikasi ini bermula dari dua bersaudara, Thomas Knoll dan John Knoll, orang yang pertama kali mengembangkan Photoshop pada tahun 1987. John-pun pergi menawarkan program itu kepada Direktur Seni di Adobe dan Insinyur Apple Computer Inc. Penawaran tersebut di terima dan Adobe membeli program Photoshop untuk di distribusikan pada bulan September 1988. Pada tahun 1989 mereka telah berhasil menyelesaikan proyek yang disebut Photoshop 1.0. Adobe tertarik dengan proyek tersebut hingga akhirnya Photoshop dirilis pertama kali yang hanya seukuran disket pada tahun 1990. Pada saat itu Photoshop dibuat untuk dapat bekerja pada platform MacOS.
          Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca keterangan dibawah mengenai daftar versi dari Adobe Photoshop:

Adobe Photoshop 1.0

Adobe Photoshop 1.0

          Dirilis pada bulan Februari 1990 untuk Sistem Operasi Macintosh. Sebelum versi 1.0 ini ada versi 0.63 dan 0.87, akan tetapi masih belum banyak kalangan yang mengetahuinya. Perubahan dari versi sebelumnya terjadi pada Welcome Splash atau About Screen yang menampilkan Logo Photoshop dan Toolbar yang lebih banyak memiliki Tool seperti: Pen Tool, Zoom Tool, Crop Tool, Gradient Tool, Text Tool, dan Line Tool.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
8 MHz, Layar Warna Minimal 2 MB RAM
Mac System 6.0.3
68000 processor
Floppy drive

Adobe Photoshop 2.0


          Dirilis pada bulan Juni 1991 dan masih untuk Mac. Di versi 2.0 ini sang developer mulai memberikan codename, dan codename untuk Adobe Photoshop 2.0 ini adalah Fast Eddy. Fitur utamanya adalah pengenalan Paths ditambah dengan CMYK Color dan EPS Rasterization. Pada Januari 1992 versi 2.0.1 akhirnya menyusul pula yang diikuti lagi oleh versi 2.5 yang dapat digunakan di Windows, pada akhir November tahun yang sama. Pada Photoshop versi 2.5 ini memiliki dua codename yaitu Merlin untuk Mac Photoshop dan Brimstone untuk Windows Photoshop. Pada tahun berikutnya Photoshop dirilis untuk IRIX dan Solaris. Banyak perubahan yang terajadi pada Photoshop versi 2.5 ini diantaranya: 16 bit channel support, Welcome Splash atau About Screen, Toolbar, dan Workspace yang lebih rapi.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac System 6.0.7
4 MB RAM
68020 Processor
32-bit QuickDraw
Floppy drive


Adobe Photoshop 3.0 

Adobe Photoshop 3.0

          Dirilis pada bulan September 1994 dengan codename Tiger Mountain untuk Mac, IRIX dan Solaris dirilis pada November 1994. Perubahan yang paling menonjol pada versi ini adalah adanya Pallet Warna dan juga layer yang dimunculkan dalam bentuk tab. Untuk icon, Welcome Splash, Toolbar, dan Workspace tidak jauh berbeda.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac system 7.0
16MB RAMS
68020 processor
25MB hard drive capability
Floppy drive


Adobe Photoshop 4.0

Adobe Photoshop 4.0

          Selang dua tahun yaitu November 1996 tepatnya, Adobe kembali merilis Photoshop versi 4.0 yang diberi codename Big Electric Cat baik untuk Windows dan juga Mac. Photoshop versi 4.0 sudah tidak dirilis lagi untuk IRIX dan Solaris. Perbuahan yang menonjol adalah fitur Adjustment Layers dan Actions (macros). Ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool. Dan pada bulan Agustus 1997, versi 4.0.1 juga dirilis dengan perubahan yang tidak jauh berbeda.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac System 7.1
Mac system 7.1.2 untuk Power Macintosh
16 MB RAM, 68030 processor
25MB hard drive capability
Color monitor dengan 8-bit video card
CD-ROM drive
Hanya mendukung Macintosh and Windows saja


Adobe Phoshop 5.0

Adobe Phoshop 5.0

          Dirilis Pada bulan Mei 1998 dan diberi codename Strange Cargo. Hal baru yang ditanamkan dalam aplikasi ini adalah Palette History, yang memungkinkan kita untuk membatalkan banyak aksi sekaligus. Magnetik Lasso Tool juga disertakan untuk mendukung Type tool. Tahun 1999 versi 5.5 yang memiliki codename sama dengan versi sebelumnya, sudah di tambah dengan Image Ready dan Extract tool.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac System 7.5.5
32 MB RAM
G3 processor
60 MB hard drive capability
Hanya mendukung Macintosh and Windows saja

Adobe Photoshop 6.0

Adobe Photoshop 6.0

          Dirilis pada bulan September 2000 dengan codename Venus in Furs, pada versi ini terjadi perombakan user interface yang cukup signifikan, walau tampilannya masih sama seperti versi sebelumnya. Fitur Vector Shapes, Liquify salah satu fitur di Filter dan Layer styles atau Blending Options Dialog juga sudah mulai ditambahkan. Di kemudian hari, Maret 2001, Photoshop lagi-lagi di update ke versi 6.0.1.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac OS 8.5
64 MB RAM
G3 processor
125 MB hard drive capability
Color display dengan resolusi 800 x 600
8-bit color video card
CD-ROM drive
Hanya mendukung Macintosh and Windows saja

Adobe Photoshop 7.0

Adobe Photoshop 7.0

          Dirilis pada bulan Maret 2002 dengan codename Liquid Sky. Photoshop 7.0 hadir dengan perkembangan yang lebih jauh lagi, Type tool sekarang telah sepenuhnya dianggap sebagai vektor. Di sisi lain, Healing Brush juga ikut ditambahkan. Photoshop 7.0 ini bisa digunakan untuk Windows, Mac OS ‘Classic’ dan Mac OS X. Pada Agustus 2002 versi 7.0.1 dimunculkan dengan harga $99 ini merupakan perkenalan yang sangat penting bagi plug-in Camera RAW 1.x. Camera RAW 1.x dikembangkan oleh Thomas Knoll yang mengijinkan pengguna membaca format RAW (kasar) dari kamera digital dan langsung mengimpor ke Photoshop.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac OS 9.1 or Mac OS X 10.1.3
128 MB RAM
G3 processor
320 MB hard drive capability
Color display dengan resolusi 800 x 600
16-bit color video card
CD-ROM drive
Mendukung Mac OS ‘Classic’/ Mac OS X, Windows

Adobe Photoshop 8.0 atau yang lebih dikenal dengan Photoshop CS

Adobe Photoshop 8.0, atau yang lebih dikenal dengan Photoshop CS

          Dirilis pada bulan Oktober 2003 dengan codename Dark Matter yang bisa digunakan untuk Mac OS X dan Windows. Di awal dari versi 8.0 Photoshop memperkenalkan diri sebagai Adobe Photoshop CS. Tahukah sobat mengenai Adobe Photoshop CS, kira-kira menurut sobat apa kepanjangan dari CS?... CS adalah kepanjangan dari Creative Suite. Maksud CS adalah bahwa sekarang beberapa aplikasi telah dimasukkan dalam satu paket software, Adobe Creative Suite. Beberapa produk seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe GoLive, Adobe Acrobat Professional, Version Cue, Adobe Bridge, Adobe Stock Photos dan Dreamveaver 8 (setelah dibeli dari Macromedia) telah di ikutsertakan. Satu hal lagi yang ikut menyertainya adalah, logo mata kini telah berganti menjadi bulu ayam. Di lain sisi Plug-in Camera RAW telah meningkat ke versi 2.0, begitu juga dengan fitur Slice yang mengalami perkembangan besar. Perintah Shadow or Highlight dan Match Color juga ditambahkan. Filter Lens Blur dan Smart Guides dimasukkan pula dengan indahnya. Histogram-pun sekarang bekerja secara real time. Dokumen bisa sampai 300000 pixel, dan masih banyak lagi.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac OS X 10.2.4
192 MB RAM
G3 processor
320 MB hard drive capability
minimal resolusi monitor 1024 x 768 dengan 16-bit video card
CD-ROM drive
Hanya Mendukung Mac OS X dan Windows.

Adobe Photoshop 9.0 atau Photoshop CS2

Adobe Photoshop 9.0, atau Photoshop CS2

          Dirilis pada bulan April 2005 dengan codename Space Monkey. Plug-in Camera RAW pada versi ini telah berada pada versi 3.x. Smart Object dan fitur-fitur lain seperti Image Warp, Lens Correction, Smart Sharpen, Vanishing Point. New Spot Healing Brush dan Red-Eye Tools juga diperkenalkan. Layer Editing juga dikembangkan lagi, dan masih banyak lagi. Adobe Photoshop CS2 dirilis untuk sistem operasi Mac OS X dan Windows 2000/ X.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Mac OS X 10.2.8
320 MB RAM
G3 processor
750 MB available hard drive space
minimal resolusi monitor 1024 x 768 dengan 16-bit video card
CD-ROM drive
Mendukung Mac OS X, Windows 2000 / XP

Adobe Photoshop 10.0 atau Photoshop CS3

Adobe Photoshop 10.0, atau Photoshop CS3

          Dirilis pada bulan April 2007 dengan codename Red Pill. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien. Versi terakhirnya dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW''. Fitur yang ditambahkan adalah Quick Select tool, Black-and-white conversion adjustment, Auto Align and Auto Blend, Mobile device graphic optimization, dan masih banyak lagi. Untuk Photoshop CS3 dapat di install di sistem operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan: Mac OS X 10.4.8
512 MB RAM
G4 processor
2 GB available hard drive space
1024 x 768 monitor resolution with 16-bit video
64 MB of VRAM, DVD-ROM drive
Supports Mac OS X, Windows XP

Adobe Photoshop 11.0 atau Photoshop CS4

Adobe Photoshop 11.0, atau Photoshop CS4

          Dirilis pada bulan Oktober 2008 dengan codename Stonehenge. Fitur baru yang ditambahkan adalah: Support Adobe Bridge CS4, Support Windows Vista x64, Masks Panel, Adjustments Pane,l dan masih banyak lagi. Tampilan juga kembali diubah oleh Adobe seperti Icon, Toolbar, dan juga Workspace.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Untuk Windows:Prosesor Minimal 1.8GHz
Microsoft Windows XP dengan Service Pack 2 (direkomendasikan Service Pack 3 recommended) atau Windows Adobe Photoshop CS4 Vista Home Premium, Business, Ultimate, atau Enterprise dengan Service Pack 1 (certified for 32-bit Windows XP and 32-bit and 64-bit Windows Vista)
512Mb of RAM (1Gb recommended)
1Gb ruang hard-disk yang tersedia untuk instalasi; additional free space required during installation (tidak dapat menginstal pada perangkat penyimpanan berbasis flash )
1024×768 display (direkomendasikan 1,280×800) dengan16-bit video card
Beberapa fitur GPU-accelerated memerlukan dukungan grafis untuk Shader Model 3.0 dan OpenGL 2.0
DVD-ROM drive
QuickTime 7.2 software yang diperlukan untuk fitur multimedia
Koneksi Internet Broadband diperlukan untuk layanan online
Untuk Mac:PowerPC G5 atau multicore Intel processor
Mac OS X v10.4.11-10.5.4
512Mb of RAM (direkomendasikan 1Gb)
2Gb ruang hard-disk yang tersedia untuk instalasi; additional free space required during installation (tidak dapat menginstal pada perangkat penyimpanan berbasis flash ), 1024×768 display (direkomendasikan 1,280×800) dengan16-bit video card
Beberapa fitur GPU-accelerated memerlukan dukungan grafis untuk Shader Model 3.0 dan OpenGL 2.0
DVD-ROM drive
QuickTime 7.2 software yang diperlukan untuk fitur multimedia
Koneksi Internet Broadband diperlukan untuk layanan online

Adobe Photoshop 12.0 atau Photoshop CS5

Adobe Photoshop 12.0, atau Photoshop CS5

          Dirilis pada bulan April 2010 dengan codename White Rabbit. Seakan kurang puas dengan versi sebelumnya. maka aplikasi ini terus mengalami penambahan fitur-fitur yang bisa dikatakan sangat luar biasa, ini dapat dilihat pada versi Photoshop CS5. Perubahan yang dilakukan adalah tampilan yang diperbarui, diantaranya: Icon, Welcome Splash, Toolbar, dan Workspace. Sedangkan untuk fitur adalah: Mixer Brush, Automatic Lens Correction, Camera RAW grain control, support Mac OS X 64 bit, dan masih banyak lagi.
Spesifikasi Komputer yang di Butuhkan:
Windows XP (Service pack 3) Vista Home, Business or Enterprise Edition, Windows 7 Mac
Processor: Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 processor
Memory: 1GB RAM + 1Gb Hard-disk space
Monitor Resolution: 1024x768 (direkomendasikan 1280×800)
Windows Mac OS OS X v10.5.7 or 10.6.3 or later
Multicore Intel processor
1GB RAM + 2Gb Hard-disk space

Adobe Photoshop 13.0 atau Photoshop CS6

Adobe Photoshop 13.0, atau Photoshop CS6

          Setelah itu, Photoshop CS6 muncul dengan codename Superstition yang dirilis pada bulan Mei 2012. Banyak yang baru di Photoshop CS6 ini, Seperti Warna dan Logo yang sudah berubah, Adobe Camera RAW 7. Tampilan Interface pada versi kali ini berwarna hitam tetapi tidak bergitu pekat, jadi terlihat elegan. Paling baru dan sangat kelihatan menonjol adalah Sistem Crop pada Photoshop CS6 ini, menggunakan diameter persegi untuk mengukur ukuran gambar. Memasukkan atau meng-ekspor gambar kini lebih mudah dengan fitur Export and Import Presets, memudahkan sobat untuk mengatur gambar dalam waktu singkat. Menggambar dengan Line Vector juga lebih mudah, karena juga tersedia work untuk di gunakan secara online seperti Bridge yang dapat menyambung ke seluruh pengguna Adobe. Dan masih banyak lagi. Karena Adobe Photoshop CS6 ini tergolong baru jadi informasi yang saya dapatkan hanya segini. Mungkin lain waktu akan saya berikan postingan khusus mengenai Adobe Photoshop CS6 ini secara lebih rinci. Di tunggu saja ya….

Update: Untuk melihat Review dari Adobe Photoshop CS6 bisa lihat Disini.
Spesifikasi Komputer yang dibutuhkanUntuk Windows Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon® 64 processor; 2GHz
Microsoft® Windows® XP with Service Pack 3; or Windows 7
1GB of RAM
1GB RAM yang harus di sediakan untuk Photoshop CS6
Layar 1024×768 display (1280×800 di rekomendasikan) dengan spesifikasi minimal hardware-accelerated OpenGL graphics card, 16-bit color, 512MB of VRAM (Rekomendasi 1 GB)
Untuk Mac OSMulticore Intel processor (di haruskan 64-bit)
Mac OS X v10.6.8 or v10.7 ( di haruskan 64-bit)
Untuk HDD dan Video Card, spesifikasinya mengacu pada spesifikasi Windows di atas

          Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai perkembangan Photoshop, yaa walaupun kelihatannya singkat tapi cukup banyak juga ya. Hehehe… Bila ada kesalahan silahkan laporkan melalui kolom komentar.
          Baiklah, cukup sekian postingan kali ini, kalau ada kesempatan saya akan posting mengenai Corel Draw, seperti yang sudah saya katakan di atas. Arigatou Gozaimasu...
Update: Untuk melihat posting mengenai Evolusi CorelDraw bisa dilihat Disini.

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top