S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 6 Januari 2013

Dasar HTML
          Salam semua, kali ini saya akan berbagi sedikit info mengenai HTML. Program HTML ini cukup penting dalam dunia Blogger, terutama dalam hal pengeditan template. Oleh karena itu bagi sobat blogger sebaiknya mempelajari progam HTML ini. Langsung saja, untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan singkat dibawah ini.
          HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standart untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video. Sedangkan Web Browser sendiri adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca, dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dll.
          HTML mempunyai file perluasan (extention/ format) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi sobat boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".
          Untuk belajar sobat dapat menggunakan program HTML seperti Ms FrontPage, Dreamweaver atau Text Editor (Notepad), sesuai dengan selera anda masing-masing. Namun untuk tutorial ini akan diajarkan dengan menggunakan teks editor yang simpel yaitu Notepad, saya sarankan pakai Notepad ++ karena mempunyai sistem yang lebih tinggi dibanding Notepad biasa. Jika belum mempunyai software-nya bisa download di sini: “Download Notepad ++
          Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan Texs Editor, Notepad ++. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana serta merupakan dasar dokumen HTML. Buka Notepad++, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) kode di bawah ini:
<html>
<head>
<title>Title Website</title>
</head>
<body>
“Isi Website”
</body>
</html>
          Perintah di dalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " <…>"dan diakhiri dengan tag penutup " </…>". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas: html, head, title, body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML. Berikut ada penjelasan mengenai tag-tag yang ada dalam dokumen HTML di atas.
1. <html>…</html> : Tag ini adalah isi keseluruhan dari suatu dokumen HTML. Tag “<html>” merupakan awal dari suatu dokumen HTML, dan tag " </html>" merupakan akhir dari dokumen HTML.
2. <head>…</head> (header) : Tag ini adalah informasi dari dokumen HTML. Informasi di dalam header meliputi: Title “<title>…</title>”, Meta “<meta>…</meta>”, Style “<style>…</style>”, Script “<script>…</script>”, dll.
3. <title>…</title> : merupakan bagian dari tag “<head>…</head>”, tag ini adalah sebagai Title dari dokumen HTML, title ini akan tampil di title dan tab browser.
4. <body>…</body> : merupakan isi dari suatu dokumen HTML yang akan ditampilkan di web browser, yang terdiri dari berbagai macam format file berupa teks, grafik, link, animasi maupun audio-video (multimedia). Pada tag <body> di dalamnya dapat ditambahkan beberapa atribut seperti tampak di bawah ini:
bgcolor=”…” : Memberikan warna latar atau background halaman.
text=”…” : Memberikan warna tulisan atau teks.
link=”…” : Memberikan warna pada hyperlinks (link halaman)
vlink=”…” : Memberi warna pada hyperlink yang telah dimasuki/ diklik.
alink=”…” : Memberi warna pada link yang aktif.
          Mengenai Elemen HTML, ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu (value), seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan value.
          Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " <html>" dan tag penutup " </html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi atau konten dari elemen HTML tersebut. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>. Semuanya dianggap sama.
          Itulah sedikit penjelasan saya mengenai Dasar HTML, semoga mudah di mengerti oleh sobat-sobat sekalian. Bila sempat saya akan membuat posting lagi yang lebih rinci mengenai HTML, tunggu saja…. Bila ada yang tidak dimengerti bisa langsung komentar di bawah!... Arigatou Gozaimasu...

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top