S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 12 Januari 2014

Evolusi CorelDraw          Salam semua... Setelah dulu saya pernah posting mengenai Evolusi Adobe Photoshop, kali ini saya akan memenuhi janji saya untuk posting mengenai Evolusi CorelDraw.
          Sudah pada tahu apa itu CorelDraw bukan?... Bila Photoshop adalah program editor grafis berbasis Bitmap yang paling popular, maka CorelDraw ini adalah editor grafis berbasis Vector yang paling popular. CorelDraw di kembangkan dan di pasarkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan besar software yang berpusat di Ottawa, Kanada. Kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. CorelDraw dibuat oleh Michel Bouillon dan Pat Beirne yang memakan waktu kurang lebih 2 tahun (1987-1989). CorelDraw sendiri mampu berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. Meski dalam perkembangannya, penjualan CorelDraw pada versi Linux dan Mac OS dihentikan karena respons dari masyarakat kurang bagus. Sampai saat ini versi terakhir dari CorelDraw adalah CorelDraw X6 yang dirilis 20 Maret 2012 lalu.
          Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca keterangan dibawah mengenai daftar versi dari CorelDraw:

CorelDraw 1.0

CorelDraw 1.0
          Versi pertama ini dirilis pada bulan Januari 1989. Dengan tampilan yang sangat sederhana CorelDraw ini diperkenalkan ke publik. Pada bulan Maret 1989 versi 1.01 muncul dengan sedikit tambahan, serta versi 1.02 pada bulan April 1989 yang menambah dukungan format file. Bulan Juli 1989 CorelDraw 1.10 dirilis, dan bulan Februari 1990 CorelDraw 1.11 dirilis pula. Begitu banyak pembaharuan pada versi 1 ini seiring dengan tuntutan konsumen.

CorelDraw 2.0

CorelDraw 2.0
          Dirilis pada bulan September 1991. Dengan tampilan Welcome Splash baru menggunakan balon udara sebagai gambar utama membuatnya sedikit lebih menarik dibanding versi pertama. Pembaharuan yang mencolok pada versi ini adalah pada beberapa fitur ini: Envelope Tool (untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y).

CorelDraw 3.0

CorelDraw 3.0
          Dirilis pada tanggal 15 Mei 1992. Masih menggunakan gambar utama balon udara sebagai Welcome Splash. Pada versi 3 ini Corel menambah software pendukung baru dalam satu produk, yaitu: Corel PHOTO PAINT (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahpic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).

CorelDraw 4.0

CorelDraw 4.0
          Dirilis pada tanggal 20 Mei 1993. Sama seperti versi sebelumnya, hanya sedikit tambahan dan pembaharuan fitur. Versi 4 ini bisa dibilang penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu CorelDraw 3.0. Pada versi ini ditambah pula software baru yang masih dalam satu produk, yaitu: CorelMOVE (untuk pengeditan animasi).

CorelDraw 5.0

CorelDraw 5.0
          Dirilis pada tanggal 27 Mei 1994. Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan berjalan pada windows 3.x yang saat itu menjadi OS yang paling umum dipakai. Termasuk juga Corel Ventura yang ada didalamnya (lalu dijual terpisah oleh Corel) ini adalah desktop publishing yang mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.

CorelDraw 6.0

CorelDraw 6.0
          Dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Ini adalah versi pertama yang di keluarkan Corel untuk windows 95 (32-bit). Fitur-fitur baru yang dibuat corel untuk versi 6 ini diantaranya: Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D). Ditambah juga fitur-fitur baru telah disesuaikan dengan Interface baru, Polygon, Spiral, Knife dan Eraser tools.

CorelDraw 7.0

CorelDraw 7.0
          Dirilis pada tanggal 8 Oktober 1996. Seiring perkembangannya CorelDraw terus diperbarui. Welcome Splash pada versi ini lebih baik dan unik bila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Bukan hanya itu, banyak pembaharuan pada versi ini, diantanya: Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini.

CorelDraw 8.0

CorelDraw 8.0
          Dirilis pada tanggal 27 Oktober 1997. Lagi-lagi CorelDraw mengganti tampilan Welcome Splash-nya. Menurut saya sih lebih bagus tampilan versi 7. Hehehe, tapi apa daya, saya bukan creatornya. Pembaharuan pada versi ini diantaranya: Digger selection, dudukan windows (Docker windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope and tools, efek pemberi bayangan yang realistis (Realistic Dropshadow tool), pencamupran warna (interactive color mixing), penyusun tempat-tempat warna (color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as objects), merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duotone support. Corel Versions juga termasuk didalamnya.

CorelDraw 9.0


CorelDraw 9.0
          Dirilis tanggal pada 31 Agustus 1999. Masih dengan tampilan Welcome Splash gambar wajah seorang wanita, versi ini telah bisa digunakan pada Windows 98. Pembaharuan lain diantaranya: Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak ke dalam PDF, menyatukan profile warna ICC (embedded ICC color profiles,) Multiple On-screen Color Palettes dan Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.

CorelDraw 10.0

CorelDraw 10.0
          Dirilis pada tanggal 13 November 2000. Lagi-lagi tampilan Welcome Splash pada versi ini diganti. Terlihat sederhana tapi elegant. Versi 10 ini telah mendukung Windows 2000. Pembaharuan lainnya antara lain: CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). Buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.

CorelDraw 11.0

CorelDraw 11.0
          Dirilis pada tanggal 1 Agustus 2002. Tampilan Welcome Splash kembali diganti, kali ini lebih sederhana lagi. hampir mirip dengan versi 1. Akan tetapi tetap lebih baik dari versi 9. Versi ini sudah mendukung Windows XP yang saat itu paling banyak dipakai orang. Pembaharuannya antara lain: Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).

CorelDraw 12.0

CorelDraw 12.0
          Dirilis pada tanggal 10 Februari 2004. Dengan logo baru, yaitu pensil membuat tampilannya menjadi lebih baik. Selain itu terjadi cukup banyak pembaharuan, diantaranya: Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar pintar (Smart Drawing tools), mengekspor kedalam MS Office atau Word, bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks yang unicode (Unicode text support). Unicode adalah Sistem yang memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan Yunani.

CorelDraw 13.0 atau lebih dikenal dengan CorelDraw X3

CorelDraw 13.0 atau CorelDraw X3
          Dirilis pada tanggal 17 Januari 2006. Kali ini Corel mengguanakan gambar Bunglon. Aneh, tapi unik, hehehe... Pembaharuan yang dilakukan diantara lain: Dapat beroperasi di Windows Vista, memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.

CorelDraw 14.0 atau CorelDraw X4

CorelDraw 14.0 atau CorelDraw X4
          Dirilis pada tanggal 22 Januari 2008. Di versi ini CorelDraw kembali menggunakan gambar balon udara seperti pada versi 2 sampai 5, akan tetapi dibuat lebih sederhana, membuatnya menjadi lebih elegant. Selain itu, versi ini telah mendukung Windows 7. Pembaharuan yang dilakukan diantaranya: Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera RAW.

CorelDraw 15.0 atau CorelDraw X5

CorelDraw 15.0 atau CorelDraw X5
          Dirilis pada tanggal 23 Februari 2010. Pembaharuan di versi ini antara lain: Pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.

CorelDraw 16.0 atau CorelDraw X6


CorelDraw 16.0 atau CorelDraw X6
          Ini dia versi terbaru saat ini, CorelDraw X6 ini dirilis pada tanggal 20 Maret 2012. Dengan tampilan background hitam membuat versi 16 ini semakin keren. CorelDraw X6 ini sudah mendukung sampai di Windows 8 (32-bit dan 64-bit). Pembaharuan yang dilakukan antara lain: New Drawing Tools, Video tutorial included, New Color Harmonies, New Color Resources, New Style Engine and Docker, OpenType Support, Type Settings for Asian and Middle Eastern Languages, Improved Master Layer, Page Numberings, New Alingment Guides, Interactive Frames, Placeholder Text, Corel Connect, Support for the latest computer, Support for Adobe CS5 and Microsoft Publisher 2010.

          Nah, gimana sob?... Cukup banyak bukan?... Padahal itu sudah saya singkat, tapi tetap saja banyak. Tapi tak apalah... Akhirnya bisa menepati janji walaupun bisa dibilang sudah kadaluarsa... Jika ada kesalahan silahkan sobat laporkan pada kolom komentar. Hehehe... Okelah, sampai disini dulu ya sob... Arigatou Gozaimasu...

7 komentar

Keren infonya, sangat menarik, Douta shimashite

waahh baru tau ane..
nambah pengetahuan nih :)
http://nuswantaranews.blogspot.com/

kunjungan perdana,salam kenal gan

G ada yang info aplikasi atau plugin tambahannya ya ?

saya kira ada link downloadnya kawan, gimana kalau itu dikasih sekalian dengan link downloadnya bro ? :D

tapi kayaknya itu masih keren dengan photoshop ya sob ?

kalau untuk desain web lebih bagus apa ya gan, photoshop apa yang corel ?
thanks

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top