S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Setyawan Umar 28 Januari 2014

Displaced Text - Photoshop Design
          Salam semua... Lama tak jumpa, kali ini SE kembali share Tutorial Design sederhana menggunakan Photoshop. Tutorial kali ini adalah memodifikasi objek menjadi terlihat seperti pecah. Untuk objeknya sendiri kita nanti akan menggunakan teks. Untuk hasilnya nanti akan mirip seperti karya saya sebelum tutorial ini di buat.

Design Awal

          Bagaimana?... Keren bukan?... Akan tetapi yang akan saya share kali ini bisa di bilang lebih keren dari yang barusan... Pasti sudah pada penasaran bagaimana cara membuatnya kan?... Okelah, silahkan disimak baik-baik cara membuat Displaced Text:

1. Buka Photoshop sobat (Pada Tutorial kali ini saya menggunakan PS CS6).
2. Buat lembar kerja baru dengan ukuran 1000 x 500 pixel.

001

3. Beri warna pada background yang awalnya putih menjadi abu-abu (Bisa menggunakan "Paint Bucket tool" dengan kode warna #CCC). Kalau sudah akan menjadi seperti ini:

002

4. Lalu buat sebuah tulisan dengan font "Arial Back" (200 pt, Crisp). Misal kita buat tulisan "DESIGN".

003

5. Nah, saatnya memberi efek. Beri efek "Bevel & Emboss" dan "Gradient Overlay" pada layer "Design"dan ikuti pengaturan pada gambar di bawah ini:

004

005

6. Sekarang waktunya memotong-motong objeknya. Hehehe... Terlebih dulu klik kanan layer "Design" lalu pilih "Rasterize Layer Style". Lalu gunakan "Polygonal Lasso Tool" untuk menyeleksi objek yang akan kita potong nantinya.

006

7. Setelah berhasil terseleksi, geser hasil seleksi sesuai keinginan sobat (Untuk memindahkan objek hasil seleksi gunakan "Move Tool") Begitu seterusnya sampai menyerupai gambar di bawah ini:

007

8. Karena tampilannya kurang menarik kita beri sedikit sentuhan lagi. Beri efek "Drop Shadow" dan "Outer Glow" pada layer "Design" dan ikuti pengaturan pada gambar dibawah ini:

008

009

9. Tapi sepertinya itu masih juga kurang... Benar bukan?... Mari kita hias background-nya agar terlihat lebih menarik di pandang mata. Klik kanan layer "Background" lalu pilih "Layer from Background...", maka layer tadi akan berubah menjadi "Layer 0". Setelah itu gunakan "Polygonal Lasso Tool" seperti tadi dengan bentuk sesuka sobat pada "Layer 0".

010

10. Beri warna berbeda dengan background pada hasil seleksi tadi, caranya pilih Image => Adjustments => Hue/Saturation... atau bisa juga dengan menekan Ctrl+U. Ubah warna sesuai keinginan sobat, (Saya sarankan memakai warna yang tidak jauh berbeda dari warna dasarnya). Setelah itu hasilnya akan seperti ini:

011

11. Ulangi langkah 9 dan 10 sampai sekiranya cukup, tidak kurang tidak lebih... Hehehe...

012

12. Okelah, akhirnya kita telah sampai di tahap terakhir. Di tahap terakhir ini kita hanya perlu memberikan efek bayangan saja. Pilih efek "Inner Shadow" pada "Layer 0"dan ikuti pengaturan pada gambar di bawah ini:

013

          Nah, akhirnya selesai juga... Bagaimana?... Mudah kan cara membuatnya?... Semoga sobat sekalian mudah mengerti apa yang saya maksud dalam tutorial di atas. Untuk tampilan akhirnya pasti akan mirip seperti gambar di bawah ini, jika tidak pasti ada kesalahan... Selamat mencoba dan berimajinasi... Arigatou Gozaimasu...

014 - Final

4 komentar

KEren gan, saya suka tutorial anda, lanjurkan ya

wah artikelnya bagus nih om setya :)

woow, tutorial Displaced Text - Photoshop Design mantep tenan desainmu gus. (y)

Wih,nambah informasi nih
Nice post gan

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top