S-SKYSER Banner Banner
Posted by : Unknown 2 Januari 2013

Blog yang Disukai Pengunjung

          Salam semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman saya sebagai seorang pemilik blog sekaligus pengunjung blog. Yaaa, iseng-iseng saja bikin posting yang beginian, barangkali ini dapat menjadi acuan sobat menata blog agar disukai oleh para pengunjung. Siapa tahu kan, hehehe… Ok, langsung saja saya beritahu hal-hal yang disukai oleh pengunjung blog berdasarkan pengalaman saya:

1. Loading yang cepat
          “Sebenarnya saya tidak pantas bilang seperti ini, karena loading blog saya juga tidak bisa dibilang cepat, tapi ini hanya sebagai acuan sobat saja”. Loading yang cepat adalah hal terpenting dalam menarik banyak pengunjung ke blog kita. Jika loadingnya lama beberapa jenis pengunjung akan menutup blog kita sebelum mereka membaca artikel kita. Apalagi bila pengunjung tersebut menggunakan akses internet yang lambat. Agar loading blog sobat tidak lama, kurangi widget yang berat, seperti games dan video. Nah, cara untuk mengetahui berat blog bisa dilihat di postingan saya yang berjudul “Cara Mengukur Berat Blog”.

2. Tampilan yang baik
          Tampilan blog juga tidak kalah penting untuk menarik pengunjung ke blog kita. Bisa dibilang apa yang terlihat di blog kita mencerminkan diri kita dan seberapa kreatifnya kita. Saya banyak mengunjungi blog orang lain yang tampilan blognya tidak beraturan, blog itu terlalu banyak memasang widget yang tidak penting ditambah dengan iklan yang penempatannya sangat mengganggu pengunjung. (Yang blognya mirip dengan yang saya bicarakan saya mohon maaf, dan jangan tersinggung, hehehe).
          Oiya, yang saya maksud disini bukan berarti harus menggunakan template yang keren, walaupun sederhana tapi jika dilihat enak itu sudah dikatakan baik. Lagipula template yang keren kebanyakan loadingnya juga lumayan berat. Jadi lebih baik yang sederhana tapi elegant.
3. Warna yang cocok
          Tahukah sobat bahwa setiap warna memiliki arti tersendiri? Perpaduan warna yang kita gunakan akan memberikan kesan terhadap pengunjung. Warna yang cocok dan tepat akan terlihat lebih enak dilihat dibandingkan warna yang campur aduk tidak menyatu. Bila memilih warna sebaiknya tidak banyak memakai warna yang susah dipadukan. Untuk warna netral gunakan hitam atau putih. Untuk perpaduan warna lain gunakan salah satu warna ini: merah, kuning, biru, hijau, orange, ungu. Warna-warna tersebut mudah dikombinasikan satu sama lain.
4. Tidak terlalu banyak memasang widget atau script
          Pemasangan widget atau script yang berlebihan sangat berdampak buruk pada blog kita. Selain dapat memperberat blog, juga dapat membuat pengunjung tidak kerasan. Gunakan widget yang penting-penting saja, sesuai tema blog sobat. Karena bagaimanapun, tujuan utama pengunjung blog adalah membaca artikel yang sobat berikan.

5. Selalu update
          Yang membuat para pengunjung ingin kembali ke blog kita adalah untuk membaca postingan terbaru kita, benar kan!…. Jadi tetaplah update dalam menulis postingan. Paling tidak 2 minggu 1 postingan. Tapi itu semua tergantung sobat sendiri, saya sendiri jika sedang malas juga jarang posting.

6. Hindari penggunaan custom font berlebihan
          Custom font memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar, tapi alangkah baiknya jika font di blog kita tidak terlalu banyak fariasinya, terutama di isi postingan sobat, karena jika font yang kita pakai dalam postingan itu susah dibaca pengunjung malas untuk melanjutkannya. Apalagi itu juga berpengaruh pada berat blog kita, walaupun tidak besar tapi jika postingan blog sobat banyak berat blognya ikut tambah, bahkan dapat melebihi berat widget. Saya sarankan pakai font yang umum saja.

7. Selalu berkomunikasi dengan pengunjung
          Komunikasi dengan pengunjung juga penting untuk menarik pengunjung. Contohnya, jika kita sering membalas komentar dari para pengunjung blog kita, mereka akan kembali untuk melihat dan menanggapi balasan kita, komunikasi juga bisa dilakukan dengan widget untuk chatbox.

          Nah, itulah tadi pengalaman saya sebagai pemilik sekaligus pengunjung blog. Ok, sekian dulu pertemuan kita kali ini. Arigatou Gozaimasu...

Komentarlah dengan baik dan sopan, serta berikan komentar yang dapat membangun blog ini menjadi lebih baik. Arigatou Gozaimasu...

 
Top